he Doesn’t know how to love

(kata orang ngetik pake tulisan kayak di atas tuh alay bingits wkwkwk huruf gede kecil)
gue dulu punya temen, dari Pakistan. dulu. we used to be friend.
waktu itu tuh kita deket banget. dan kita sering cerita tentang banyak hal. nangis, ketawa, sedih sedihan, seneng senengan, semuanya. trus gue jadi sering curhat ke dia. dan dia juga jadi sering curhat ke gua.
dan akhirnya kita cerita tentang ayah kita yange ntah kenapa sejenis. wkwkwk.
sama-sama manusia, sama-sama lelaki, sama-sama udah tua wkwkwk.
tapi yang lebih pasti lagi, sama-sama punya sifat yang sama: yaaa gitu deh. tahu kan gimana kalo bapak-bapak udah marah, rasanya takut biniti. wkwkwk.
gue suka heran gitu yah, ama bapak gue. dia suka marah dan ngomel, tapi di sisi lain dia ngebiayaain sekolah gue, les gue, ini-itu gue, plus banyak hal lain yang menurut gue nggak bakal ada orang yang ngasih gue itu selain bapak gue. dia juga suka bercanda, beliin sate or bakso, ngajak jalan kesini situ, berusaha ngebuat gue seneng. tapi gue nggak ngerti, kenapa masih sering marahin gue? kenapa gue masih sering ngerasa dia orang lain karna sering banget dia ngritik gue?
dan temen baik gue yang orang Pakistan itu ngejelasin semuanya setelah kita ngobrol ttg ayah kita.
“He is not bad, he just doesnt know how to love” dia bukan ayah yang buruk, dia cuman nggak tahu caranya mencintai. ceritanya ttg ayahnya.
setelah gua renungin, bener juga ya.
“He never calls me ‘son’. he always call me like, hey you, come here” dia nggak pernah memanggilku ‘nak’. dia selalu manggil aku dengan, hey kamu, ke sini”
dan gue makin ngerti pas dia lanjutin, “But i know he loves me. thats why he bought me a car. thats why he gives me money, shirt, and food” tapi aku tahu dia sayang sama aku. karna itulah dia beliin aku mobil. karna itulah dia ngasih aku uang, baju, dan makanan.
trus aku bilang, lalu apa yang bakal lo lakuin dengan perlakuannya yang begitu?
jawabnya, “One day when i have child, i will show him what is love” suatu hari nanti pas aku punya anak, aku bakalan nunjukin ke dia apa itu cinta.
that’s smart, i think.
maksud gue, si Pakistan itu dewasa dan cerdas banget. dia itu bisa mikir panjang dan dewasa. dan perencanaannya, segala jalan pikirannya, adalah hal yang setiap anak perluin dalam menghadapi bapak yang ‘rata-rata emang kayak gitu’.
including me.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s